Pada Selasa, 18 Maret 2015, LPM mengadakan koordinasi pemetaan akreditasi untuk mengidentifikasi situasi dan kondisi yang dimiliki oleh IAIN Purwokerto.

Acara ini dilakukan dengan dipandu oleh Dr. H. Suwito, M.Ag, selaku Ketua LPM. Ia menyampaikan bahwa akreditasi memiliki sistem yang jelas dengan kelengkapan data yang ada. Persiapan akreditasi sebenarnya sudah dilakukan sejak waktu yang lama, namun borang masih belum jadi juga. Oleh karena itu, perlu untuk adanya arahan yang jelas terkait dengan persiapan ini.

“Semua stakeholder harus terlibat secara langsung. Merekalah yang tahu betul ranah yang akan dikerjakan dalam jangka waktu ke depan dan apa saja yang telah dicapai,” ungkapnya.

Akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (pendidikan tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi dilakukan sebuah upaya untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi IAIN Purwokerto dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *